Kebijakan Yang Dilakukan Pemerintah Dibidang Fiskal Untuk Mengatasi Inflasi Adalah

Kebijakan Yang Dilakukan Pemerintah Dibidang Fiskal Untuk Mengatasi Inflasi Adalah

 Egametube.com | Kebijakan Yang Dilakukan Pemerintah Dibidang Fiskal Untuk Mengatasi Inflasi Adalah

Dalam suatu perekonomian, inflasi merupakan proses kenaikan harga-harga secara umum dan selalu bergantung pada mekanisme pasar, yang dapat di sebabkan oleh berbagai faktor. Untuk itu perlu ada kebijakan yang di lakukan pemerintah di bidang fiskal untuk mengatasi inflasi.

Inflasi dapat terjadi karena beberapa faktor utama, yakni peningkatan konsumsi masyarakat, ekses likuiditas di pasar memicu konsumsi serta spekulasi. Terutama karena distribusi barang-barang yang tidak lancar. Dengan kata lain, inflasi juga merupakan proses mendevaluasi mata uang yang berkelanjutan.

Buka Juga Artikel : Ide Bisnis Online Untuk Pelajar & Mahasiswa

Tentu saja, kamu perlu tahu bagaimana kebijakan yang di lakukan pemerintah di bidang fiskal untuk mengatasi inflasi. Hal ini di perlukan agar perekonomian negara menjadi lebih stabil. Di Indonesia, pemerintah sudah memiliki kebijakan pengendalian inflasi melalui Bank Indonesia.

Di dunia pengendalian inflasi di kenal dengan istilah Inflation Target Framework. Cara mengatasi inflasi ini tidak berarti menghilangkan tingkat inflasi sama sekali. Tapi itu mencoba untuk mengekang inflasi seperti yang di rencanakan. Mari kita diskusikan dan bahas pada artikel di bawah ini.

Kebijakan Yang Dilakukan Pemerintah Dibidang Fiskal Untuk Mengatasi Inflasi Adalah ?

Kebijakan Yang Dilakukan Pemerintah Dibidang Fiskal Untuk Mengatasi Inflasi Adalah

Menurut teori moneter klasik, inflasi di hasilkan dari peningkatan jumlah uang beredar. Dengan demikian, Bank Indonesia dapat menerapkan berbagai kebijakan fiskal untuk menekan arus kas. Kebijakan tersebut dapat berupa penetapan pasokan likuiditas, kebijakan diskonto dan operasi pasar terbuka.

Berikut Kebijakan Yang Dilakukan Pemerintah Dibidang Fiskal Untuk Mengatasi Inflasi, di antaranya :

Kebijakan I bidang fiskal ini merupakan kebijakan yang di lakukan pemerintah untuk mengatasi inflasi dengan mengubah pendapatan dan pengeluarannya, pemerintah dapat menerapkan kebijakan perpajakan sebagai berikut :

  • Kurangi Pengeluaran

Untuk mengatasi inflasi, pemerintah dapat mengurangi pengeluaran sehingga permintaan barang dan jasa berkurang, dengan begitu dapat menurunkan harga.

  • Kenaikan Tarif Pajak

Untuk memerangi inflasi, pemerintah dapat menaikkan tarif pajak. Dengan menaikkan tarif pajak, maka akan menurunkan tingkat konsumsi masyarakat. Penurunan tingkat konsumsi akan menurunkan permintaan barang dan jasa, yang dapat menurunkan harga.

Kebijakan fiskal berkaitan dengan penerimaan dan pengeluaran anggaran negara. Kebijakan fiskal pemerintah untuk mencegah inflasi adalah dengan mengurangi pengeluaran pemerintah, menaikkan tarif pajak dan memberikan pinjaman.

Selain itu kebijakan yang di lakukan pemerintah di bidang fiskal untuk mengatasi inflasi adalah dengan melakukan kebijakan moneter, sebagai berikut :

  1. Tingkatkan Hasil Produksi

Pemerintah dapat memberikan subsidi dan bonus untuk meningkatkan produksi atau membuat peraturan yang mendorong pengusaha untuk lebih produktif sehingga dapat meningkatkan produksi. Ia harus mampu menyeimbangkan jumlah uang yang beredar dengan peningkatan produksi berupa barang dan jasa.

  1. Mempermudah Masuknya Barang Impor

Dengan masuknya barang impor, volume barang yang masuk ke dalam negeri meningkat dan di harapkan dapat mengimbangi jumlah uang yang beredar. Di mungkinkan untuk mengurangi bea masuk dan menyederhanakan peraturan impor untuk memudahkan masuknya barang impor.

  1. Dengan Menetapkan Harga Maksimum

Untuk menjaga agar harga tidak terus naik, pemerintah dapat mengenakan harga maksimum sehingga produsen (penjual) tidak dapat menjual di atas harga maksimum.

  1. Menindak Pedagang Yang Menimbun Barang

Penimbunan barang dapat menyebabkan kekurangan barang di pasar sehingga menyebabkan harga naik. Dengan memantau dan juga menerapkan hukuman bagi pelaku penimbun barang ini, maka akan mencegah kenaikan harga.

  1. Kesetaraan Tinggat Upah

Naiknya biaya produksi dapat di cegah dengan mempertahankan tingkat upah yang tetap (tidak membiarkan upah naik terus menerus). Ini juga akan mengurangi lonjakan permintaan barang, karena jika kenaikan upah yang tak terbendung, akan mengakibatkan konsumsi meningkat.

Baiklah, itu dulu yang dapat admin sampaikan berkenaan dengan kebijakan yang di lakukan pemerintah di bidang fiskal untuk mengatasi inflasi. Jika kamu menemukan pertanyaan seperti ini, “kebijakan yang dilakukan pemerintah dibidang fiskal untuk mengatasi inflasi adalah ?” Maka, kamu sudah bisa menjawabnya bukan, hehe.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.