Untuk Mengendalikan Uang Yang Beredar Bank Sentral Melaksanakan Open Market Policy Dengan Cara

Untuk Mengendalikan Uang Yang Beredar Bank Sentral Melaksanakan Open Market Policy Dengan Cara

Egametube.com | Open Market Policy

Kebijakan moneter adalah kebijakan yang di keluarkan oleh bank sentral berupa pengaturan jumlah uang beredar untuk mencapai tujuan tertentu. Untuk mengendalikan uang yang beredar bank sentral melaksanakan open market policy dengan cara sistematis.

Tujuan utama dari kebijakan moneter adalah untuk mencegah jumlah uang beredar meningkat terlalu banyak atau terlalu sedikit.Pihak yang dapat memberikan kebijakan moneter adalah pemerintah atau otoritas keuangan suatu negara.

Buka Juga Artikel : Ide Bisnis Online Untuk Pelajar & Mahasiswa

Kebijakan moneter dapat mencakup penetapan standar bunga pinjaman, persyaratan margin, kapitalisasi bank, atau bahkan bertindak sebagai lender of last resort, atau melalui negosiasi dengan pemerintah lain.

Untuk Mengendalikan Uang Yang Beredar Bank Sentral Melaksanakan Open Market Policy Dengan Cara ?

Untuk Mengendalikan Uang Yang Beredar Bank Sentral Melaksanakan Open Market Policy Dengan Cara

Pada hakekatnya kebijakan moneter adalah kebijakan yang di tujukan untuk menjaga keseimbangan internal, seperti pertumbuhan ekonomi yang tinggi, stabilitas harga, pembangunan yang berkeadilan dan keseimbangan eksternal yakni neraca perdagangan.

Setidaknya ada beberapa kebijakan moneter yang dapat di lakukan,  yaitu :

  • Mengatur suku bunga
  • Tentukan tingkat cadangan likuiditas minimum
  • Perdagangan surat berharga di pasar uang
  • Mengatur kebijakan pemberian pinjaman kepada masyarakat

Kebijakan Bank sentral bertujuan untuk pencapaian sasaran makro ekonomi yaitu menjaga stabilitas ekonomi yang dapat di ukur dengan kesempatan kerja, stabilitas harga, dan keseimbangan neraca pembayaran.

Jawaban, Untuk Mengendalikan Uang Yang Beredar Bank Sentral Melaksanakan Open Market Policy Dengan Cara :

Salah satu kebijakan moneter yang di tempuh bank sentral untuk mengurangi atau menambah jumlah uang beredar adalah dengan menjual Sertifikat Bank Indonesia (SBI) atau membeli surat berharga di pasar modal.

Berikut kebijakan untuk mengendalikan uang yang beredar, bank sentral melaksanakan open market policy dengan cara, yaitu:

  1. Menjual atau membeli obligasi
  2. Penjualan Sertifikat Bank Indonesia (SBI)
  3. Menjual Surat Berharga Pasar Uang (SBPU)
Buka Artikel Ini :  Bagaimana Anda Menjalankan Syariat Islam Di Indonesia ? Berikut Jawaban dan Penjelasannya

Jika bank sentral ingin mengurangi jumlah uang beredar,maka kebijakan moneter yang harus di lakukan adalah menjual surat berharga  di pasar terbuka. Sebaliknya jika ingin meningkatkan jumlah uang beredar, maka kebijakan moneter yang harus di lakukan adalh membeli surat-surat berharga.

Kebijakan moneter merupakan upaya untuk mencapai tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi secara berkelanjutan dengan tetap menjaga stabilitas harga. Untuk mencapai tujuan ini, Bank Sentral atau Otoritas Moneter berusaha untuk mengendalikan keseimbangan antara jumlah uang beredar dan persediaan barang.

Tujuan Open Market Policy

Kebijakan Open market policy di gunakan untuk mempengaruhi perputaran rupiah di pasar uang, yang pada gilirannya akan mempengaruhi suku bunga.

Open market policy dilakukan dengan dua cara, yaitu penjualan sertifikat Bank Indonesia (SBI) dan intervensi Rupiah. Tujuan Operasi pasar terbuka bertujuan untuk :

  1. Ini mempengaruhi jumlah uang beredar untuk menambah dan mengurangi jumlah uang yang beredar.
  2. Untuk mencapai dan menjaga stabilitas harga atau nilai rupiah, maka perkembangan kegiatan ekonomi suatu negara akan berjalan lancar apabila stabilitas harga dapat terjaga. Artinya inflasi tetap rendah.
  3. Peningkatan jumlah investasi yang mendorong pertumbuhan investasi akan secara signifikan meningkatkan kesempatan kerja dan pada saat yang sama mengurangi jumlah pengangguran. Dengan demikian, pertumbuhan dan pembangunan ekonomi diharapkan sesuai dengan yang direncanakan.

Open market policy adalah salah satu alat kebijakan moneter yang paling penting untuk mempengaruhi jumlah uang beredar. Instrumen ini dapat dipraktekkan sendiri atau dikombinasikan dengan instrumen lain. Segitu dulu pembahasan admin tentang soal, “Untuk Mengendalikan Uang Yang Beredar Bank Sentral Melaksanakan Open Market Policy Dengan Cara”. Semoga bermanfaat, salam ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.