Jelaskan Klasifikasi Bisnis Berdasarkan Kegiatannya

Jelaskan Klasifikasi Bisnis Berdasarkan Kegiatannya, Cek Jawabanya

Egametube.com | Jelaskan Klasifikasi Bisnis Berdasarkan Kegiatannya

Bisnis ? Ya, kalimat ini sering terdengar di telinga kita, bahkan tidak jarang kita bisa di bilang seseorang yang mencoba menjalankan suatu bisnis sendiri.  Pada artikel ini, saya akan mencoba memberikan gambaran singkat tentang klasifikasi bisnis.

Bisnis adalah organisasi yang menjual barang/jasa kepada konsumen untuk mendapatkan keuntungan. Kata bisnis dalam bahasa Inggris berasal dari akar kata busy yang berarti terlibat dalam konteks individu, komunitas atau perusahaan.

Ini berarti terlibat dalam kegiatan dan bisnis yang menguntungkan yang digunakan untuk lebih meningkatkan keuntungan bisnis. Harus di tanggung oleh pelaku komersial yaitu untung dan rugi.

Jelaskan Klasifikasi Bisnis Berdasarkan Kegiatannya

Jelaskan Klasifikasi Bisnis Berdasarkan Kegiatannya

Bisnis datang dalam berbagai jenis dan oleh karena itu bisnis dapat di kelompokkan dengan cara yang berbeda. Salah satu dari sekian banyak cara yang dapat di gunakan adalah dengan mengelompokkan usaha sesuai dengan kegiatan yang mereka lakukan untuk mendapatkan keuntungan, sebagai berikut :

  1. Manufaktur

Sebuah perusahaan yang membuat produk dari bahan baku atau komponen dan kemudian menjualnya untuk mendapatkan keuntungan. Contoh manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi produk fisik seperti mobil atau pipa.

  1. Perusahaan Jasa

Ini adalah perusahaan yang memproduksi barang tidak berwujud dan menghasilkan keuntungan dengan membebankan biaya untuk layanan yang diberikannya. Contoh perusahaan jasa adalah konselor dan psikolog.

  1. Pengecer dan Distributor

Ini adalah perantara antara produsen dan konsumen antara barang. Sebagian besar toko dan bisnis berfokus pada distributor atau pengecer.

  1. Pertanian dan Pertambangan

Adalah perusahaan yang memproduksi bahan baku seperti tanaman atau mineral.

  1. Urusan Keuangan / Financial

Ini adalah bisnis yang diuntungkan dari investasi dan manajemen modal.

  1. Perdagangan Informasi

Terutama merupakan bisnis yang menguntungkan dari penjualan kembali kekayaan intelektual.

  1. Utilitas

Adalah perusahaan yang mengoperasikan utilitas seperti listrik dan air dan sering didanai oleh pemerintah.

  1. Bisnis Property / Real Estat

Adalah bisnis yang menguntungkan dengan menjual, menyewakan dan mengembangkan real estate, rumah dan bangunan.

  1. Perusahaan pelayaran

Bisnis yang menghasilkan keuntungan dengan mengirimkan barang atau orang dari satu tempat ke tempat lain.

Kesimpulan

Ada yang berpendapat bahwa hal terpenting dalam kehidupan bisnis bukanlah seberapa baik kita mengenal perusahaan, tetapi tindakan yang dapat di ambil. Sudah terbukti banyak orang sukses yang secara teori cukup sulit menjelaskan arti bisnis dan segala jenis bisnis.

Tetapi ketika mereka berlatih, mereka bisa menjadi luar biasa dalam tindakan mereka jauh melampaui teori-teori yang di jelaskan di perguruan tinggi. Padahal, kelangsungan hidup suatu bisnis di pengaruhi oleh banyak faktor termasuk kondisi ekonomi suatu negara.

Perubahan kondisi ekonomi dapat mengakibatkan matinya perusahaan lama di satu sisi, dan dapat di gunakan sebagai peluang munculnya perusahaan baru, di sisi lain. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kelangsungan hidup suatu usaha/usaha, tidak hanya faktor ekonomi saja.

Faktor persaingan usaha antara lain regulasi nasional, politik, kondisi sosial/budaya, tren, teknologi, dll. Hal ini juga dapat mempengaruhi kelangsungan bisnis. Untuk itu para wirausahawan harus jeli melihat peluang dan memanfaatkannya, karena dunia bisnis yang penuh tantangan dan kesenangan tidak akan selalu menghasilkan kesuksesan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.