Peranan Birokrat Dalam Pembuatan Keputusan

Peranan Birokrat Dalam Pembuatan Keputusan, Ini Penjelasannya

Bisakah anda menjelaskan apa peranan birokrat dalam pembuatan keputusan dan apakah sistem birokrasi hanya ada di sektor publik? Baiklah, mari kita bahas pertanyaan di atas dengan seksama. Perhatikan ulasan admin di bawah ini.

Sektor publik sendiri merupakan sektor ekonomi yang memberikan berbagai pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Sektor publik itu sendiri meliputi TNI, Polri, Angkutan Umum dan lain-lain. Jadi pada umumnya sektor publik meliputi instansi pemerintah dan badan usaha milik negara (BUMN).

Buka Juga Artikel : Ide Bisnis Online Untuk Pelajar & Mahasiswa

Tentunya birokrasi hanya ada di sektor publik karena birokrasi meliputi departemen, kantor wilayah, kantor desa, kantor Samsat dan lain sebagainya. Dalam pelaksanaannya birokrat memiliki peranan dalam pembuatan keputusan yang mengedepankan kepentingan masyarakat luas.

Ruang Lingkup Birokrat Dalam Pemerintahan

Dari sekian persoalan dan peranannya, Birokrat memiliki ruang lingkupnya sendiri. Misalnya pada Manajemen, yang meliputi pelayanan, pengaturan, perizinan, dan pengumpulan informasi dalam pelaksanaan kebijakan pemerintah untuk mencapai tujuan pemerintah secara keseluruhan.

Layanan yang terdiri dari melayani komunitas atau kelompok pribadi dan melayani kepentingan komunitas, yang mungkin lebih bertujuan untuk kepentingan bersama. Contohnya dalam pengambilan keputusan penerapan aturan perjalanan.

Aturan dibuat  untuk menjamin kesejahteraan masyarakat. Kebutuhan untuk mengumpulkan informasi, mengungkapkan kebijakan atas beberapa pelanggaran, atau mengembangkan kebijakan baru dari pemerintah berdasarkan situasi nyata.

Peranan Birokrat Dalam Pembuatan Keputusan

Peranan Birokrat Dalam Pembuatan Keputusan

Peranan birokrat dalam pembuatan keputusan adalah, Birokrat merupakan seseorang yang biasanya menjalankan tugas-tugas administrasi suatu organisasi, yang merupakan cerminan dari kebijakan organisasinya dalam dimensi besar dan kecil.

Di negara berkembang semuanya di atur dan di prioritaskan untuk tindakan atau praktik demi pembangunan nasional.  Ini adalah proses pembuatan keputusan yang sangat up-to-date dan formal,  Tentu tujuannya adalah untuk kepentingan bersama.

Pentingnya Birokrasi

Dalam praktek pemerintahan dan organisasi, birokrat memiliki peranan yang sangat penting. Berikut ini alasan betapa pentingnya birokrasi, di antara lain :

  1. Teori lama melihat birokrasi sebagai alat politik. Namun dalam perkembangan selanjutnya, teori ini ditolak, mengingat pentingnya peran birokrasi dalam semua fase atau proses kebijakan publik.
  2. Menurut Robert Presthus, pentingnya birokrasi di nyatakan dalam perannya sebagai legislatif yang di delegasikan, inisiator kebijakan dan naluri untuk kekuasaan, keamanan dan loyalitas.
  3. Ada tiga isu utama yang perlu di pertimbangkan ketika membahas birokrasi,
  • Bagaimana birokrat di pilih
  • Apa peran birokrat dalam pengambilan keputusan
  • Bagaimana birokrat di kelola.

Hal pertama yang harus di perhatikan adalah bahwa ada perbedaan antara proses pengambilan keputusan aktual dan formal. Pada kenyataannya, peranan birokrat dalam pembuatan keputusan bertujuan agar keputusan tersebut lebih terarah dan terstruktur.

  1. Pentingnya peran birokrat sangat penting di negara berkembang di mana setiap orang mengutamakan kegiatannya masing-masing dalam pelaksanaan pembangunan nasional. Jadi, birokrat memiliki peran yang vital, karena dalam pembuatan keputusan mempertimbangkan pembangunan nasional yang lebih terarah.

Baiklah, demikian yang dapat admin sampaikan berkenaan dengan pembahasan dari pertanyaan, peranan birokrat dalam pembuatan keputusan. Semoga ulasan di atas dapat menjawab dan menginpirasi sobat Egame semua, Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.