Pemetaan Wilayah KPM PKH

Pemetaan Wilayah KPM PKH Menurut Tahapanya

Egametube.com | Pemetaan Wilayah KPM PKH

Berdasar data tahun 2019 sasaran yang menerima PKH sekitar 10 juta KPM dengan peruntukan bujet sejumlah Rp. 32,65 Triliun. Jumlah yang menerima mafaat dari Program Pemerintahan yaitu Program Keluarga Harapan (PKH) dan Keluarga Penerima Manfaat (KPM), naik di bandingkan tahun sebelumnya.

Di lain kesempatan admin juga akan membahas materi juknis pkh 2021, undang undang pkh 2020, contoh format profil kpm pkh, cara mengisi profil kpm pkh, surat pernyataan kpm pkh, kpm pkh adalah, siapa yang mendata pkh, cara mengundurkan diri dari pkh.

Pemetaan wilayah kpm pkh perlu di lakukan karena adanya masalah, Yaitu susahnya beberapa pendamping PKH yang ada di luar kecamatan yang ingin ketahui lokasi dan perubahan yang menerima PKH dan KPM. Teknologi seperti Extention Geoprocessing dapat di gunakan untuk melakukan pemetaan wilayah.

Ini ialah alat yang bisa di gunakan untuk melakukan processing data spasial dalam bentuk data Arcview. Extention geoprocessing merupakan salah satu alat yang bisa di gunakan untuk menolong dalam menganalisis keadaan dan pemetaan wilayah penerima bantuan PKH dan KPM.

Analisis Permasalahan Pemetaan Wilayah KPM PKH

Kesempatan kali ini penulis memakai beberapa sistem penghimpunan data sistem yakni sistem study pustaka. Penulis cari bahan yang terkait dengan topik yang di angkat, kemudian menggunakan sistem pengamatan penilaian langsung.

Contohnya adalah pendamping PKH Kecamatan Praya tengah, Lombok tengah. Dari analisis masalah pemetaan wilayah KPM PKH, di dapat ringkasan. Yakni persoalan dalam mekanisme info pemetaan keluarga penerima manfaat (KPM) program keluarga keinginan (PKH).

Adalah penebaran info karena minimnya info lokasi dan data keluarga penerima manfaat (KPM). Dengan pemetaan wilayah di maksudkan untuk memberikan info berbentuk peta tematik tentang keadaan satu wilayah.

Melalui pemetaan wilayah KPM PKH, maka data kemiskinan bisa di hidangkan berbentuk visualisasi peta tematik dan bisa memudahkan pemakai data. Selain itu pihak yang terkait juga dapat dengan mudah memahami info yang di sampaikan.

>> Download PDF << 

PKH, BPNT dan BST Yang Terlambat

Sekarang ini beberapa KPM yang uang bantuan tunai PKH nya belum masuk ke rekening sedang bimbang dan resah gulana. Ini terjadi beberapa KPM yang saldo BSP Sembako masih 0 alias zonk.

Buka Artikel Ini :  Bank BTN (BBTN) Salurkan 110 Ribu Unit KPR Subsidi

Begitupun KPM yang awalnya memperoleh BST, belum cair juga. Lantas apa yang terjadi sebetulnya? Di sini admin mau mencoba beri keterangan simpelnya. Silakan di baca pemicu Saldo 0 pada bantuan sosial PKH, BSP atau BST berikut jalan keluarnya, sebagai berikut ini :

  1. Status Kepesertaannya KPM di program bantuan sosial telah di hapus oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia karena di pandang tidak pantas terima bantuan sosial karena naik Desil-nya.

Jalan keluarnya : Tidak ada. Saat ini sedang ada pembaruan data di DTKS hingga memungkinkannya beberapa KPM naik Desil-nya yang menyebabkan di hapuskannya KPM itu dari list peserta program bantuan sosial.

  1. Status Kepesertaannya di program bantuan sosial masih aktif tetapi ada masalah pada data KPM yang belum padan dengan DTKS walau datanya telah padan dengan data di Disdukcapil.

Jalan keluar : Check ke Operator SIKS NG di dusun / kelurahan untuk mencocokan data di antara di KK dan KTP dengan DTKS.

  1. Status Kepesertaannya di program bantuan sosial masih aktif, data KPM telah padan dengan DTKS tetapi belum padan dengan data di Disdukcapil.

Jalan keluar : Tiba ke Disdukcapil untuk aktifkan nomor KK dan NIK yang sekarang ini di punyai. Bisa saja walau telah mengupdate data di KK dan KTP tetapi Nomornya belum di aktifkan. Bila ini yang terjadi karena itu nomor KK dan NIK akan terdaftar INVALID.

  1. Status Kepesertaannya di program bantuan sosial masih aktif, data KPM telah padan dengan DTKS dan Disdukcapil tetapi data di bank belum padan.

Jalan keluar : Membawa KK, KTP, Buku Tabungan, KKS dan Surat Pengantar dari Dinas Sosial yang mengatakan jika anda betul – betul KPM dari sebuah program bantuan sosial. Kerjakan pengujian data dari document di atas dengan data di bank.

Khusus pemilik rekening yang sebetulnya ialah pengurus alternatif dari KPM yang wafat atau ada halangan masih tetap seharusnya meminta di temani oleh Pendamping PKH yang bekerja di daerah itu.

Buka Artikel Ini :  Memaknai Tema dan Makna Hari Pahlawan 10 November 2021

Karena Pengurus Alternatif yang sekarang ini di anggap ialah mereka yang disebut keluarga pokok dari KPM seperti Ayah, Ibu dan Anak yang telah mahir hukum.

  1. Status Kepesertaannya di program bantuan sosial masih aktif, data KPM telah padan dengan DTKS dan Disdukcapil dan data di bank juga padan.

Jalan keluar : Nantikan sekitaran satu – dua minggu karena proses pendistribusian bantuan sosial di laksanakan dengan bertahap dan lewat beberapa term. Bila rupanya masihlah kosong, selekasnya kerjakan bikin rekening koran di bank penyalur.

Proses bikin rekening koran tidak dapat di wakili, harus oleh pemilik rekening tersebut dengan bawa KTP, Buku Tabungan dan KKS. Sesudah lakukan bikin rekening koran, selekasnya melapor ke Pendamping PKH yang bekerja di daerah itu.

Untuk selanjutnya di laksanakan Rekonsiloasi Dana Bantuan Sosial oleh faksi Kementerian Sosial Republik Indonesia dengan faksi HIMBARA (Himpunan Bank – Bank Punya Negara).  Khusus bantuan BSP Sembako tidak dapat di laksanakan bikin rekening koran tetapi dapat di laksanakan pengujian saldo lewat Agen BSP Sembako dengan bikin tanda terima check saldo.

Dinsos Perlu Melakukan Pemetaan KPM dan PKH Graduasi

Hasil riset memperlihatkan jika PKH memberi imbas pada peralihan konsumsi rumah tangga, seperti di sejumlah negara eksekutor CCT yang lain. PKH sukses tingkatkan konsumsi rumah tangga penerima manfaat di Indonesia sejumlah 4,8%.

Dinas Sosial Kota Depok sedang lakukan pemetaan wilayah untuk mencari data siapa saja yang menerima bantuan sosial Keluarga Yang menerima Faedah  dan Program Keluarga Harapann (KPM & PKH).

Usaha itu di laksanakan karena Pemerintahan Pusat lewat Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI), akan mengucurkan bantuan kewiraswastaan sosial sejumlah Rp 3,5 juta.

Pemetaaan yang di laksanakan Dinsos ke KPM PKH yang tergraduasi. Pemetaan ini untuk menyortir karena bantuan program kewiraswastaan itu mengarah sasaran yang detil. Yakni beberapa KPM PKH graduasi yang mempunyai rintisan usaha.

PKM PKH graduasi Kota Depok yang terseleksi akan terima pengiringan dan bantuan sosial stimulan modal usaha sejumlah Rp 3,5 juta per KPM. Adapun KPM PKH graduasi yang di artikan ialah mereka yang masih juga dalam kelompok miskin dan rawan miskin, tetapi graduasi karena beberapa komponennya tidak penuhi.

Buka Artikel Ini :  Sensitivitas PUBG New State Paling Lembut, Cek Settingannya

Tingkatan Pemetaan Wilayah KPM PKH

Supaya tujuan dapat tercapai sesuai arah yang di perkirakan. Adapun tingkatan pemetaan wilayah harus di kerjakan secara struktural, berikut tingkatan yang penting di lakukan :

  1. Tahapan Liason, pada tahapan ini membuat komunikasi yang efisien antara peningkatan dan konsumen setia.
  2. Yang kedua ialah Rencana, pada tahapan ini ditetapkan beberapa sumber info, batasan waktu dan beberapa informasi yang bisa menerangkan project.
  3. Tahapan ketiga yaitu Analitis Risiko, yakni dengan mendeskripsikan risiko, tentukan apa sebagai risiko baik tehnis atau management.
  4. Selanjutnya adalah Eksperimen, yaitu dengan pembangunan satu ataupun lebih representasi dari program
  5. Selanjutnya Konstruksi dan Pelepasan, pada tahapan ini di laksanakan pembangunan piranti lunak yang di artikan, di tes, di install dan di beri dukungan-sokongan tambahan untuk kesuksesan project.
  6. Tahapan Penilaian, tahapan ini berkaitan dengan konsumen, pengguna, pemakai yang memberi saran dan masukan berdasar hasil yang di dapatkan dari tahapan engineering dan instalasi

Ringkasan persoalan dalam mekanisme info pemetaan wilayah KPM PKH tidak lain tidak bukan adalah penebaran info karena minimnya info lokasi dan data keluarga penerima manfaat (KPM) itu sendiri.

Catatan :

  • Bila KPM PKH yang alami masalah pada BSP Sembako, jumpai Pedamping PKH
  • Bila KPM Tidak Terima PKH yang alami masalah pada BSP Sembako, jumpai Pengiring BSP Sembako. Petugas ini dapat TKSK atau faksi lain seperti Karang Taruna, dan lain-lain.
  • Bila KPM masih bimbang apa permasalahannya silakan langsung bertanya ke pada. Pendamping PKH, TKSK, atau Operator SIKS – NG di dusun / kelurahan.
  • Bertanya persoalan bantuan sosial di sosial media cuman akan membuat anda semakin kebingungan. Karena media sosial tidak menolong menuntaskan persoalan yang anda temui.

Demikianlah yang bisa admin berikan terkait Pemetaan wilayah kpm pkh. Silahkan kita berusaha bersama menjaga program bantuan sosial PKH, BSP dan BST. Mudah-mudahan berguna, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.